6 Alasan Mengapa Kita Harus Mengkonsumsi Kacang - Kacangan


     Kacang - kacangan merupakan teman nyemil  yang  favorit bagi sebagian orang. Namun tidak hanya teman ngemil  ternyata kacang yang selama ini memiliki rasa gurih ternyata  kaya akan vitamin yaitu: vitamin E, asam folat, mineral serta asam amino. Para peneliti. menyebutkan pola makanan harian yang mengandung unsur kacang-kacangan mampu mengurangi kolesterol jahat dan mengandung sterol, yaitu komponen yang sering ditambahkan di margarin untuk mengurangi penyerapan kolesterol.

     Pada artikel kali ini akan dijelaskan 5  Alasan kenapa kita harus mengkonsumsi kacang - kacangan:

1. Kacang banyak mengandung nilai gizi

          Kacang merupakan sumber asam lemak tak jenuh, serat, vitamin (seperti vitamin E), mineral (seperti zat besi). Semua nutrisi ini menjadikan fungsi organ yang sehat, kulit yang sehat, dan membantu melawan berbagai macam penyakit.

2.  Kacang mampu mencegah penyakit jantung dan stroke

      Kacang-kacangan mengandung lemak tak jenuh tunggal, termasuk asam lemak omega-3, total kolesterol  lebih rendah dengan efek yang sangat kuat pada kolesterol "jahat" LDL. Kacang juga memiliki pitosterol, yang merupakan senyawa tanaman dengan kolesterol lebih rendah dan memiliki potensi antioksidan dan efek anti peradangan pada tubuh. kacang - kacangan dapat membantu untuk memecah penumpukan kolestrol di dinding arteri Anda, yang dapat memblokir sirkulasi darah yang sehat. 

 3. Kacang dapat membantu mencegah  penyakit kanker

   Antioksidan atau polifenol yang terdapat di dalam kacang-kacangan, terutama kacang kenari dan almond, Polifenol atau antioksin adalah lawan yang sangat ampuh bagi kanker. Antioksidan dapat  membantu melawan radikal bebas, yang dapat menyebabkan kerusakan sel. Salah satu  yang menyebabkan timbulnya penyakit kanker. Jenis-jenis kanker yang dapat dicegah dengan pertolongan kacang-kacangan yaitu: kanker payudara.

4.  Kacang mampu meningkatkan kesehatan otak.

     Kacang-kacangan kaya  dengan antioksidan yang dapat membantu untuk memperlambat atau mencegah penurunan kognitif yang terjadi dengan usia (memperlambat penuaan), dan bahkan bisa mengurangi risiko penyakit terkait otak, seperti Alzheimer ( pikun)

5. Kacang dapat membantu Meningkatkan kesuburan

    Sel sperma sangat membutuhkan nutrisi yang spesifik yang kebanyakan tidak didapati dari menu lainnya, seperti kandungan  selenium. selenium adalah salah satu jenis mineral yang bersifat gizi mikro. Zat gizi mikro adalah salah satu zat gizi yang hanya sedikit diperlukan oleh tubuh kita sehari, namun juga memiliki peranan yang sangat penting untuk kesehatan kita. Salah satu sumber selenium adalah kacang Brazil.

 6. Kacang dapat membantu mengurangi angka kematian 

      Sebuah penelitian baru menunjukkan bahwa mengkonsumsi segenggam kacang setiap hari dapat memberikan manfaat  yang lebih jauh lagi dari sekedar yang telah disebutkan tadi. Kacang membantu mengurangi angka kematian secara keseluruhan. Setelah dianalisis dari berbagai studi yang ada, peneliti dari Imperial College London dan University Norwegia Sains menetapkan bahwa sedikitnya mengkonsmsi  20 gram kacang perehari (hanya beberapa butir) secara signifikan dapat mengurangi resiko penyakit jantung koroner, penyakit jantung,  kanker , penyakit pernapasan, diabetes, dan penyakit menular! 


Hasil gambar untuk kartun kacang kacangan
kacang- kacangan


Kesimpulan dari artikel diatas

Yaitu beberapa orang sangat menghindari kacang- kacangan karena  diangap mengandung kalori yang cukup tinggi. Namun, dalam waktu beberapa tahun di mana kita dikelilingi banyak makanan tinggi gula tanpa manfaat gizi yang banyak, mengapa kita tidak mencoba memanfaatkan dan memakan beberapa jenis dari kacang-kacangan ini, bukan?

Yuk hidup sehat mulai dari sekarang dan jangan lupa konsumsi makanan yang lainnya ya supaya seimbang.... :)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "6 Alasan Mengapa Kita Harus Mengkonsumsi Kacang - Kacangan "

Posting Komentar